rem blong

PENYEBAB REM BLONG DI JALAN MENURUN
Ditulis: Wed, 27/08/2008 – 12:39
Saya membaca topik dibawah ini, saya rasa cukup menarik untuk bekal kita, apalagi kita sering melakukan trip perjalanan untuk lakukan hunting atau sekedar wisata kuliner. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semaua.


PENYEBAB REM BLONG DI JALAN MENURUN
Koran Suara Merdeka hari Kamis 7 Agustus 2008 halaman pertama, memberitakan tentang bus Karunia Bakti jurusan Jakart -Tasikmalaya mengalami rem blong dan akhirnya masuk jurang dan 7 penumpang ada yang tewas.
Beberapa petikan beritanya sebagai berikut : ….. saat merayap turun di jalan berkelok dan menurun itu, rem bus diduga blong sehingga tak terkendali ….
….. sopir bus bernopol Z-7691-DA merasakan rem blong seusai menyalip sebuah angkot pada jarak satu kilometer sebelum titik kejadian …. ….. bus yang cukup penuh penumpang ….
Kejadian diatas bisa terjadi pada semua mobil, baik itu mobil lama maupun mobil baru, seperti yang saya alami pada bulan Juli 2008 yang lalu saat menuju Sarangan, tepatnya dijalan yang menurun curam dan berkelok-kelok sebelum Sarangan.
Waktu itu mobil yang saya kemudikan keluaran tahun 2006 dan mesinnya sudah VVT-imerayap turun dibelakang sebuah mobil omprengan yang kosong, sedangkan mobil saya berisi 7 orang.
Karena jalan cukup sempit dan dari depan beberapa kali muncul kendaraan lain, sehingga tidak bisa mendahului mobil didepan dan sering menginjak rem sedikit-sedikit.
Beberapa saat setelah melewati sekitar 10 kelokan di jalan yang curam tsb,tercium bau kampas rem terbakar. Tetapi mobil tetap saja dijalankan dengan posisi gigi 3. Sekitar 5 menit setelah tercium bau gosong, pada saat mendekati tingkungan terakhir, tiba-tiba rem mobil saya blong. Terkejut bukan main, sebab tak saya duga kalau rem mobil yang
masih baru ini bisa blong.
Atas lindungan Allah Yang Maha Kuasa, akhirnya mobil bisa berhenti dengan bantuan batu untuk menahan ban mobil ditepi jalan yang berumput cukup tebal, setelah 25 meter dari posisi rem mulai blong.
Mengapa rem bisa blong ? Pertanyaan tersebut membuat saya bingung dan berupaya mencari jawabannya saat kejadian dan setelah pulang.
Dari beberapa teman ( kepala bengkel dealer resmi, montir bengkel perusahaan, dan seorang teknisi di perusahaan ) ternyata jawaban mereka sama, yaitu rem blong, karena kampas rem sering diinjak sedikit-sedikit saat jalan menurun, akibatnya kampas rem menjadi panas , akhirnya terbakar. Apabila kampas rem terlalu panas dan terbakar ( dengan indikator bau gosong kampas rem ), akan mengeluarkan abu karbon ( sisa pembakaran ) dan mengakibatkan rem tidak pakem lagi.
Jadi inilah penyebab rem blong pada mobil saat menuruni jalan yang curam.
Berikut ini Tips supaya anda tidak mengalami rem blong saat menuruni jalan curam dari berbagai narasumber :
1. Saat jalan turun dan curam, pakailah gigi 1 kalau matik pakai gigi Low
2. Jangan sering menginjak rem sedikit-sedikit dalam kondisi mobil masih jalan. Usahakan kalau menginjak rem sampai
langsung berhenti, baru lepas.
3. Penumpang dan barang jangan terlalu banyak, akan menambah beban mobil dan membuat laju saat turun menjadi cepat. ( Perlu diperhatikan beban over seperti Teddy,…….,…… tolong tambahi ya )
4. Bila mencium bau kampas rem terbakar, segera menepi dan biarkan rem dingin kembali.
5. Jangan lupa cari kayu atau batu untuk ganjal / menahan ban mobil saat berhenti di jalan menurun curam, supaya rem istirahat
Setelah yakin rem sudah dingan kembali. lanjutkan perjalanan dengan hati-hati.
O ya, saat rem panas, jangan disiram air untuk mendinginkannya, sebab akan membuat cakram jadi bengkok dan membuat macet rem mobil anda.
faritz:
Merawat Cakram Rem Mobil

Rem adalah salah satu bagian paling vital dalam pengoperasian kendaraan Anda (mobil misalnya). Keberadaan rem sangat penting untuk memberikan rasa aman saat penggunaan mobil, namun berfungsinya peranti satu itu sangat tergantung dengan bagaimana cara kita merawatnya. Kalau perawatan diabaikan, hampir pasti fungsinya juga tidak optimal.Ujung-ujungnya, keselamatan kita (dan orang lain) saat berkendara terancam.Untuk menjaga supaya rem tetap pakem tidak sulit, asalkan kita tahu bagaimana kiat-kiatnya. Pertama yang harus diperhatikan adalah bagian disc break dan tromol, dan memeriksa kualitas minyak rem, saluran rem, dan kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, biasanya harus diganti atau dibersihkan setelah mobil menempuh 10.000 km. Perhatikan bagian ini dengan seksama supaya tidak kosong, dan perhatikan perbandingan antara bagian depan dan belakang (2:1). Bagian depan mendapat porsi lebih besar sebab paling sering digunakan saat mobil direm.

Langkah berikut adalah memeriksa kampas rem apakah masih dalam kondisi baik atau tidak. Caranya, lepaskan roda dengan kunci, perhatikan bagian disc break dan lepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Bila kampas rem kotor, gunakan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya. Semakin bersih kampas rem, semakin bagus dan kuat fungsinya. Berikan gemuk/pelumas pada bagian besi penahannya, namun hindari supaya tidak terkena bagian sepatu rem. Pasang kembali kampas, dan kancingkan.Hal terakhir yang harus diperhatikan supaya rem senantiasa berfungsi dengan baik adalah perawatan yang teratur. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usahakan supaya minyak diganti setiap mencapai 10.000 km, sedangkan untuk kampas biasanya antara 20-25.000 km (otomatis) dan 40.000 km (manual). Jangan lupa untuk mengecek kondisi minyak rem setiap dua minggu sekali.
Berkendara Aman dari Tangan Jahil

Situasi Jakarta yang semakin tidak aman membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati saat berkendara. Sebab, tidak jarang terjadi aksi penodongan atau perampasan yang dilakukan oknum-oknum tidak bertanggung jawab terhadap para pengendara yang lengah, dan hebatnya kerap dilakukan di tempat-tempat ramai. Oleh karena itu, ada baikny Anda yang sering berkendara saat menuju ke suatu tempat memperhatikan tips-tips berikut, yang sebenarnya sangat sederhana.Sebelum meninggalkan mobil di tempat parkir,pastikan pintu mobil terkunci semua dan jendela rapat. Kesalahan ini yang sering dilakukan seseorang saat parkir di sebuah tempat, akibatnya ketika kembali mobilnya telah raib dan ia hanya biia menyesali nasib. Jangan lupa, meski telah dikunci, periksa lagi kendaraan Anda.Hal kedua adalah jangan pernah membuka kaca mobil kecuali laju kendaraan Anda cukup kencang. Memang, suasana yang panas ditambah AC mobil yang kerap mati (atau bahkan tidak dilengkapi oleh perangkat pendingin udara) membuat seseorang kerap membuka kaca untuk mendapat udara segar. Sebisa mungkin hindari hal ini, sebab kaca mobil yang terbuka kerap mendorong orang yang berniat jahat untuk melakukan penodongan. Seandainya tertutup, belum tentu ia berani melakukannya.

Jangan meninggalkan barang berharga dalam mobil sat keluar, ataupun menaruh barang tersebut di tempat-tempat yang bisa terlihat dari luar mobil. Hal ini harus diperhatikan terutama untuk kalangan ibu-ibu, yang kerap menaruh HP atau tas berisi uang di atas jok ataupun dashboard. Hal ini termasuk penggunaan HP saat berkendara, terutama saat mobil berhenti di lampu merah. Selain dapat membahayakan pengendara lainnya (terutama saat melaju), HP adalah barang yang paling menarik bagi penodong untuk melancarkan aksinya.

Yang terakhir, jangan lupa untuk membawa alat-alat pengaman yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Benda-benda seperti kunci roda, tang, kunci inggris, tongkat baseball dapat berguna untuk membela diri Anda seandainya suatu saat Anda terpaksa harus mempertahankan diri dari penodong.Saat berhenti di perempatan yang sering kali rawan, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan depan. Dengan demikian, saat dikepung oleh penjahat, Anda tinggal tancap gas dan meninggalkan tempat tersebut. Dan bila dikuntit orang, jangan pernah berhenti di tempat sepi karena hal itu hanya akan membahayakan keselamatan Anda sendiri.

faritz:
Penggunaan Pernis Supaya Mobil Kinclong

Punya mobil yang kusam? Sekarang Anda tidak usah minder karena sekarang ini telah banyak tersedia jasa bengkel yang dapat meningkatkan prestise mobil yang dimiliki dengan pengecatan ulang tanpa biaya yang terlalu mahal.Dari beberapa cara yang ditempuh, satu yang paling lazim digunakan adalah satu body. Sebenarnya hal itu tidak perlu, sebab selain biayanya cukup mahal, juga makan waktu lama. Kini ada solusi yang lebih mudah, cepat dan simpel untuk memuluskan body, yaitu dengan menggunakan pernis sebagai pelapis. Waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama, namun hasilnya sama.

Untuk menambah pengetahuan Anda (sekaligus menghindari tipuan yang biasa dilakukan oleh oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab), berikut langkah-langkahnya. Langkah pertama adalah menutupi bagian roda dengan koran atau bahan lainnya supaya cat tidak mengenai bagian ini. Selain itu, tutup juga bagian-bagian lainnya seperti kaca depan dan belakang, spion, atau karet pintu. Bila ternyata mobil Anda dalam kondisi kusam, maka bagian tersebut harus diamplas lagi dengan amplas kasar. Tujuannya adalah supaya cat lama terkikis dan warna asli hampir tidak lagi menempel di badan mobil. Setelah itu gunakan pengecatan dengan warna pernis pernis khusus yang bertujuan untuk menampilkan kilap mobil. Untuk mengeringkannya mobil dimasukkan ke oven dengan suhu sekitar 80 derajat selama kurang-lebih 30 menit. Tujuan penggunaan oven ini adalah karena tempatnya steril, dan panasnya ideal untuk mengeringkan body mobil yang baru dicat. Setelah selesai, tugas masih berlanjut dengan membiarkan cat mobil mengering dan menyatu dengan badan mobil. Jangan salah, meski nampak sudah kering, itu hanya bagian luarnya saja, untuk lapisan dalam butuh waktu kira-kira satu hari.Setelah cat di badan mobil kering sepenuhnya, gunakan amplas halus untuk mengikir butiran-butiran cat yang (mungkin) mengeras dan membentuk benjolan-benjolan kecil. Setelah itu, barulah langkah terakhir dilakukan yaitu melakukan pemolesan.Dengan sisem ini, tanpa pengecatan satu body mobil, kendaraan Anda tetap tampil keren. Boleh dicoba….

faritz:
Membeli dan Memperbaiki Mobil Bekas

Sekarang ini membeli mobil bekas perlu memperhatikan banyak segi. Jangan sampai Anda ditipu membeli mobil yang ternyata bekas tabrakan atau memiliki kekurangan-kekurangan lainnya. Yang pertama harus diperiksa adalah kondisi body mobil, caranya dengan melihat sudut-sudut terutama bagian kap mesin, bagasi belakang, dan tiang penyangga pintu. Mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan memiliki bentuk lipatan sempurna, sebab sehebat-hebatnya montir yang memperbaiki, sulit untuk bisa menyamai bentuk orisinilnya. Sementara untuk memeriksa apakah warna mobil tersebut masih asli, tinggal lihat bagian pinggir karet pintu atau kaca. Jangan lupa juga untuk meneliti kelengkapan surat-surat, supaya kelak tidak menemukan masalah dengan aparat hukum. Bila sudah mendapat mobil bekas yang Anda inginkan, kini langkah selanjutnya adalah mempercantik kendaraan tersebut supaya tidak kalah dengan yang baru.

Caranya? Bawa saja ke salon-salon mobil terdekat, atau simak tips berikut ini.Salah satu penyakit mobil lama (kecuali pemilik sebelumnya telaten) adalah bagian dalam mobil yang kotor. Untuk membersihkannya, terutama bagian jok dan karpet, gunakan vacuum-cleaner. Untuk bahan yang terbuat dari kulit, gunakan shampoo bayi yang lembut, kemudian bersihkan secara perlahan jok tersebut dengan menggunakan spons dan air hangat. Untuk bagian karpet, Anda harus cermati apakah bagian tersebut lembab atau tidak. Bila jawabannya YA, berarti bagian tersebut harus dibongkar untuk diperiksa peredamnya. Untuk bahan yang terbuat dari wol, seandainya basah maka disarankan untuk mengganti dengan yang baru. Bila tidak, tinggal jemur sampai kering. Pada bagian plafon, gunakan semprotan yang dijual khusus untuk mengangkat noda yang menempel, kemudian dilap dengan bersih. Lakukan proses ini beberapa kali supaya mendapat hasil yang maksimal.

Langkah berikutnya adalah membersihkan bagian body mobil. Untuk bagian sela-sela pintu, gunakan sikat pembersih untuk mengangkat kotoran yang menempel. Bila ingin bagian dashboard mengkilap, gunakan semir dari bahan khusus yang tidak lengket dan dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi. Gunakan bubuk yang biasa digunakan salon mobil khusus untuk membersihkan kaca mobil untuk mendapat hasil sempurna. Taktik yang sama bisa digunakan untuk membersihkan blok mesin mobil supaya terlihat seperti baru. Gunakan sabun atau pembersih khusus, bahkan kalau perlu Anda bisa menggunakan semir untuk bagian ini yang dijual di toko-toko.Yang sedikit sulit adalah memoles bagian body luar mobil supaya mengkilap. Selain harus menggunakan shampoo khusus mobil, Anda juga perlu mempunyai alat pembersih yang kini sudah dijual bebas di toko-toko. Harganya mungkin sedikit mahal, tapi, bukankah untuk mendapat hasil maksimal perlu sedikit pengorbanan. Siapa tahu, kelak malah Anda yang membuka salon mobil sendiri…

faritz:
Tips Menghadapi Over Heat

Saat asyik berkendaraan terkadang mobil sukar diajak kompromi. Terlebih jika masalahnya ternyata terletak pada mesin yang “over heat”. Dua dintara penyebab over heat yakni radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin yang tidak bekerja optimal/ rusak. Untuk kendala kedua yang disebutkan ada satu tips yang dapat Anda lakukan. Minimal mobil Anda dapat bergerak hingga mencapai bengkel terdekat.

Tips :
1. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.
2. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin.
3. Saat segalanya terpasang, maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac.
4. Setelah semuanya selesai dihubungkan, maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac.

Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat bergerak menuju bengkel terdekat, Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam perjalanan.

Apa yang dituliskan diatas merupakan tips yang digunakan bagi kendaraan yang menggunakan sistem pendingin elektromotor. Dan tentu saja hal itu dapat dilakukan apabila elektormotor tidak berfungsi dengan baik.

Sementara apabila overheat terjadi akibat radiator yang bekerja kurang optimal. Jangan terburu-buru untuk membuka tutup radiator. Matikan sejenak mesin kendaraan anda dan biarkan radiator dingin. Setelah dingin, baru buka tutup radiator dan masukkan cairan pendingin ataupun air secukupnya. Sambil mengisi air kedalam radiator, upayakan agar mesin dalam keadaan hidup.
Selamat mencoba !!

Kerusakan fungsi rem seperti tidak lagi pakem saat di injak merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan di jalan raya. Terlebih jika dalam kecepatan tinggi, akibatnya pun bisa fatal. kondisi di atas dapat di hindari apabila pemeriksaan dan perawatan terhadap komponen ini selalu dilakukan secara berkala.

Namun sebelumnya, sebagai pengguna adalah suatu kewajiban untuk mengetahui kondisi apa saja yang dapat menyebabkan rem blong.

Pertama, kualitas minyak rem yang tidak baik, yang bisa disebabkan minimnya perawatan sehingga minyak ren jarang di ganti.Hal tersebut dapat menyebabkan minyak rem banyak mengandung air, sementara air tersebut dapat memicu timbulnya korosi. Bila terjadi korosi, tentu saja mekanisme rem tidak dapat berjalan dengan sempurna.

Kedua, volume oli rem yang kurang. Tiliklah volume oli rem di bagian tabung oli rem. Secara berkala untuk memastikan jumlahnya cukup. Apabila kurang, bukan tidak mungkin jika seluruh sistem pengereman akan terganggu. Disamping itu, hal ini juga bisa di sebabkan tidak adanya tekanan yang mendorong mekanisme rem bekerja .

Penyebab Ketiga yang kerap terjadi adalah suhu tinggi pada rem sehingga mengakibatkan karet-karet rem mengeras. Kondisi ini akan mempersulit fungsi karet dalam menutup celah yang kecil, sehingga menyebabkan terjadi kebocoran pada minyak rem. Kebocoran tersebut dapat terjadi di bagian master rem ataupun selang rem, sehingga perluh di lakukan pemeriksaan secara mendetil.

Untuk mengantisipasi kondisi-kondisi di atas, pemeriksaan pada komponen rem sebaiknya dilakukan setelah 10.000 km dan selalu dicek secara berkala untuk memastikan seluruh komponen dalam kondisi baik sehingga mampu bekerja sempurna. Terutama jika di musim hujan, setelah melewati genangan air pastikan bahwa rem tetap memiliki daya cengkraman yang kuat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: